OKKABUN INSTIPER YOGYAKARTA KENALKAN KOMODITAS PERKEBUNAN PADA MAHASISWA BARU

Institut Pertanian Stiper (INSTIPER) Yogyakarta telah dikenal sebagai perguruan tinggi yang memiliki core competency di bidang perkebunan dan perhutanan. Untuk memberikan pengetahun awal bagi mahasiswa barunya, INSTIPER menyelenggarakan kegiatan orientasi kampus dan kenal kebun (OKKABUN) yang diselenggarakan pada 31 Agustus - 9 September 2023.


Sebanyak 897 mahasiswa baru INSTIPER mengikuti OKKABUN Tahun 2023 yang merupakan kegiatan orientasi bagi mahasiswa baru. Setiap mahasiswa baru di INSTIPER wajib mengikuti kegiatan OKKABUN. Kegiatan OKKABUN terdiri dari orientasi kampus dan orientasi kenal kebun. Pada kegiatan orientasi kampus, mahasiswa baru diperkenalkan kehidupan kampus dan aturan perkuliahan. Sedangkan pada orientasi kenal kebun, mahasiswa dikenalkan berbagai komoditas perkebunan dan kehutanan.


OKKABUN tahun ini lebih menitikberatkan pada penyiapan mahasiswa baru supaya dapat menguasai perkembangan teknologi untuk menyikapi tantangan perkembangan industri 4.0 serta penyiapan mahasiswa baru supaya memiliki karakter yang kuat, disiplin, dan kreatif. Selain itu mahasiswa baru juga dikenalkan berbagai organisasi dan kelembagaan mahasiswa yang bisa diikuti selama mereka menjalain kuliah. Untuk meningkatkan kompetensi diri, INSTIPER juga mempersiapkan INSTIPER Academy yang memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan kompetensi diluar kagiatan kurikulernya.


Ir. Tri Nugraha, MP selaku Ketua Panitia OKKABUN sekaligus Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan menjelaskan bahwa, “Orientasi mahasiswa baru di INSTIPER memang berbeda dengan orientasi di kampus-kampus lain. Selain dididik kedisiplinan dan tanggung jawab, mahasiswa baru juga dikenalkan dunia perkebunan di KP2 Ungaran milik INSTIPER yang terletak di Bawen Jawa Tengah. OKKABUN ini bersifat wajib, sehingga mahasiswa yang tidak lolos harus mengulang OKKABUN ditahun depan. Hal ini dikarenakan kegiatan OKKABUN tidak hanya sekedar orientasi mahasiswa baru, namun bertujuan untuk mengembangkan pendidikan karakter seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kebersamaan, dan pengembangan kreatifitas”.


Sebelum memulai kegiatan OKKABUN, semua mahasiswa baru dicek kondisi kesehatannya oleh Dokter RS Condomg Catur. Hal ini penting dilakukan untuk mengecek kondisi fisik peserta OKKABUN dan meminimalkan resiko yang mungkin muncul mengingat setiap peserta OKKABUN akan menjalani latihan fisik selama mengikuti OKKABUN tersebut. Penyiapan fisik bagi mahasiswa INSTIPER menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Kondisi fisik yang kuat diperlukan karena nantinya saat bekerja di bidang perkebunan dan kehutanan setiap orang akan bertanggungjawab pada area hingga ratusan hektar.


Latihan fisik bagi mahasiswa baru dilakukan dengan latihan kedisiplinan yang dilakukan oleh Komando Pasukan Gerak Cepat (KOPASGAT) TNI AU Adisucipto. Selain itu mahasiswa baru juga diminta melakukan long march dari Lapangan Telogo sampai KP2 Ungaran.Jiwa nasionalisme dan tanggung jawab pada mahasiswa baru ditanamkan melalui ceramah tentang etika serta ceramah kebangsaan dan bela negara. Ceramah bahaya narkotika kepada mahasiswa baru disampaikan oleh BNN Provinsi DIY. Tidak lupa INSTIPER Yogyakrta juga membekali mahasiswa dengan ceramah anti korupsi serta materi pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. 

Sehari setelahnya pada 04 September mahasiswa baru dikenalkan dengan kelembagaan dan UKM yang ada di INSTIPER, Di INSTIPER sendiri memiliki 13 Kelembagaan dan 14 UKM. Setelah pembukaan kuliah dilaksanakan, dilanjutkan dengan pengenalan INSTIPER Academy. Tujuan dari INSTIPER Academy untuk memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan kompetensi diluar kagiatan kurikulernya.


Orientasi kenal kebun adalah bagian yang paling menarik selama kegiatan OKKABUN mahasiswa baru INSTIPER karena mahasiswa diajak mengenali berbagai komoditas perkebunan dan kehutanan yang ada di KP2 Ungaran. Didampingi oleh fasilitator yang merupakan dosen-dosen INSTIPER Yogyakarta, mahasiswa baru mengeksplor dan belajar secara langsung di kebun pendidikan dan penelitian milik INSTIPER Yogyakarta. Materi yang dipelajari oleh mahasiswa baru diantaranya tentang morfologi tanaman, kesesuaian lahan, pembibitan, perawatan, panen dan pengolahan pasca-panen.


Ir. Tri Nugraha menjelaskan, “Mahasiswa baru harus kenal dengan komoditas perkebunan dan kehutanan yang merupakan fokus studi mereka saat kuliah nanti. Dengan kenal kebun di KP2 Ungaran, mahasiswa bisa melihat langsung tanaman kelapa sawit, karet, teh, kakao, kopi, sengon, jato, jabon yang merupakan komoditas unggulan di bidang perkebunan dan kehutanan. Jangan sampai saat kuliah mahasiswa hanya tau tanaman tersebut dari foto yang ditampilkan dosennya saat kuliah. Dan satu lagi yang pasti akan menjadi kenangan setiap mahasiswa baru INSTIPER adalah saat mereka camping di tenda bersama teman-temannya di bawah rindangnya pohon karet”.


Pada saat kegiatan kenal kebun, fasilitator OKKABUN memberikan pemantik supaya mahasiswa berfikir kritis dengan mengamati kondisi di sekitarnya. Mahasiswa baru diminta berdiskusi dan melihat secara langsung obyek yang mereka pelajari dan bisa mendiskusikannya dengan fasilitator yang ada. Mahasiswa baru juga bisa mencari informasi tentang komoditas yang dipelajari melalui internet. Hal ini memiliki makna bahwa tidak ada batasan sumber informasi untuk mempelajari sesuatu, seorang mahasiswa bisa mencari sumber pustaka dari manapun baik itu dari buku, internet, maupun dari kuliah yang disampaikan oleh dosen.


Sebagai penutupan dari kegiatan OKKABUN, dilakukan penyalaan api unggun sebagai bentuk kebersamaan dan ucapan selamat datang bagi seluruh mahasiswa baru INSTIPER Yogyakarta. Pengalaman mengikuti OKKABUN akan selalu membekas pada setiap mahasiswa dan akan selalu menjadi cerita bagi setiap mahasiswa bahkan sampai mahasiswa tersebut telah lulus kuliah nanti.

search