
UNIT BIMBINGAN DAN KONSELING INSTITUT PERTANIAN STIPER
Unit bimbingan dan konseling memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan bimbingan dan konseling terhadap mahasiswa di Institut Pertanian Stiper.
Tujuan Unit Bimbingan dan Konseling:
- Membantu mahasiswa dalam proses penyelesaian masalah terkait pendidikan maupun masalah psikososial yang berpotensi menjadi kendala selama menjalani masa pendidikan.
- Pengembangan diri dan karir mahasiswa
Alur Proses Bimbingan Konseling:
- Mahasiswa mendaftarkan diri & mengisi formulir pendaftaran di Unit Bimbingan Konseling atau melalui link google form: https://bit.ly/PendaftaranLayananKonsultasiBK
- Petugas melakukan rekap pendaftaran dan menginformasikan kepada tim bimbingan konseling serta mahasiswa sesuai jadwal piket. Untuk informasi dan kesepakatan pada nomor yang dilampirkan di formulir pendaftaran
- Proses pelaksanaan konseling dengan tim Psikolog, Psikiater, Konselor Pendidikan. Tim melakukan evaluasi dan follow-up terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling

(Arahkan kamera handphone pada barcode untuk mengisi formulir pendaftaran)
- Hubungi Kami
- WA : 082227021350
- Email : konseling@instiperjogja.ac.id
- IG : @bkinstiper
EDUKASI
Peran Konseling dalam Proses Akademik
Konseling merupakan proses bantuan secara profesional antara staf ahli dan mahasiswa yang dapat bersifat individu atau kelompok, untuk mengembangkan kemampuan dan potensi diri dalam kehidupan sehari-hari serta mempelajari cara efektif untuk mengatasi permasalahan tertentu.
Kapan konseling penting untuk dilakukan ?
- Mengalami kesulitan dalam permasalahan akademik
- Sulit konsentrasi sehingga mengganggu produktivitas/aktivitas sehari-hari
- Tidak memiliki minat untuk melakukan aktivitas yang biasanya disukai.
- Mengeluhkan perasaan tidak menyenangkan secara berlebihan/ berlarut-larut dalam waktu tertentu.
- Menarik diri dari lingkungan sosial.
- Memiliki permasalahan dalam beberapa aspek kehidupan lainnya yang berdampak pada proses belajar
Dengan konseling dapat membantu:
- Memiliki kesadaran tentang potensi diri & memahami hambatan dalam proses belajar.
- Memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang efektif sesuai dengan minat mahasiswa.
- Memiliki keterampilan untuk menetapkan tujuan dan perencanaan pendidikan.
- (Manajemen waktu, Skala prioritas & Penerapan Metode SWOT).
- Memiliki keterampilan dalam menyelesaikan masalah pribadi dan lingkungan
- Memiliki permasalahan dalam beberapa aspek kehidupan lainnya yang berdampak pada proses belajar