INSTIPER Yogyakarta Terpilih Menyelenggarakan Beasiswa SDM Kelapa Sawit dari BPDPKS

Kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan unggulan bagi Indonesia. Melihat potensi besar pada industri kelapa sawit, INSTIPER Yogyakarta sejak tahun 2005 berkomitmen untuk menyiapkan SDM untuk budidaya kelapa sawit dan pengolahan produk turunannya. Hal ini menjadikan INSTIPER menjadi perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki komitmen untuk memperhatikan komoditas tersebut dengan serius.
Hasil kerja keras INSTIPER Yogyakarta telah berbuah nyata dengan banyaknya alumni INSTIPER Yogyakarta yang telah mengisi posisi-posisi strategis di industri perkebunan kelapa sawit yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan beberapa alumni telah meniti karir di perusahaan kelapa sawit di luar negeri. 
Hal ini tidak lepas dari kurikulum khas yang ada di INSTIPER Yogyakarta.  Sejarah panjang dan konsistensi INSTIPER untuk tetap fokus pada kompetensi di bidang perkebunan dan perhutanan menjadikan INSTIPER menjadi sebuah perguruan tinggi yang dikenal dan dipercaya oleh berbagai perusahaan perkebunan di Indonesia. Hal tersebut kemudian membuat Direktorat Jenderal Perkebunan dengan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) kembali memberikan kepercayaan kepada INSTIPER Yogyakarta untuk menyelenggarakan pendidikan beasiswa Strata 1 (S1) di Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian.
Rektor INSTIPER Yogyakarta, Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng., menyampaikan “Tahun Ajaran 2024/2025 ini merupakan tahun ketiga INSTIPER dipercaya oleh BPDPKS menyelenggarakan beasiswa program Sarjana. Terdapat 4 program studi dari 2 fakultas yang akan dibuka khusus kompetensi pengembangan kelapa sawit, dari Fakultas Pertanian yaitu Prodi Agroteknologi dan Prodi Agribisnis , sedangkan pada Fakultas Teknologi Pertanian Prodi Teknologi Hasil Pertanian dan Teknik Pertanian. Jumlah total kuota beasiswa untuk INSTIPER Yogyakarta dari beasiswa BPDPKS adalah 120 orang mahasiswa”.
“Beasiswa ini merupakan beasiswa yang dirancang untuk menghasilkan SDM unggul di bidang kelapa sawit. Melalui beasiswa ini mahasiswa yang berasal dari pusat-pusat perkebunan kelapa sawit seperti anak pekebun, anak pegawai di perusahaan kelapa sawit, dan anak dari pengurus koperasi kelapa sawit dapat menempuh pendidikan tinggi dengan mudah” tambah Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng.
Terdapat 6 (enam) jalur pendaftaran beasiswa SDM Sawit BPDPKS, jalur pekebun kelapa sawit, jalur keluarga pekebun kelapa sawit, jalur Aparatur Sipil Negara (ASN)/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Jalur Karyawan/Pekerja pada Usaha Budidaya dan/atau Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit, Jalur Keluarga Karyawan/Pekerja pada Usaha Budidaya dan/atau Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit, dan Jalur Pengurus/Anggota Koperasi/Lembaga yang Bergerak dalam Perkelapasawitan.
Untuk dapat mendaftarkan beasiswa ini, para calon mahasiswa dapat mendaftar secara online melalui alamat https://www.beasiswasdmsawit.id/. Pendaftaran beasiswa ini dibuka pada tanggal 5 April-24 Mei 2024. 
Beasiswa SDM kelapa sawit merupakan bentuk keseriusan dari pemerintah untuk menyiapkan SDM muda untuk mengelola industry Perkebunan kelapa sawit Indonesia secara berkelanjutan.

search